Komparasi Produk - JET-1

JET-1

Hampir mirip dengan Tire Guard, bedanya pada Jet-1 ditambah serbuk pelapis. "Serbuk ini menutup kebocoran akibat paku. Lalu dilem cairan pelapis." Ungkap Andi Mulka, pedagang yang menjual produk ini.

Jet-1 berisi cairan 800 ml dijual Rp 70 ribu. Dibanding Tire Guard, proses menuangkan cairan lebih repot. Ini lantaran harus mengubah ban ke bentuk tubeless.

Ini pun harus memperhatikan lebar pelek. Kalau lebar pelek terlalu sempit akan menyulitkan pemasangan ban. Sebab, karet karet pelapis yang berfungsi untuk menutup celah pada jari-jari akan mengganjal ban luar di bibir pelek.

Seorang tukang tambal ban pinggir jalan yang kesehariannya melakukan pekerjaan ini saja menyerah. Apalagi untuk memasang sendiri. Akan lebih mudah menggunakan ban tubeless. Sebab, dinding ban lebih lebar sehingga memudahkan untuk memasukan cairan beserta bubuk.

Hampir mirip Tire Guard, dengan beberapa kali pencoblosan menggunakan paku, cairan pelapis langsung menuju sasaran. Celah akibat paku ini otomatis akan ditutup. Jet-1 sedikit lebih baik dari Tire Guard, karena ia mampu menutup lubang yang lebih besar. Lantaran penggunaan serbuk kasar yang bisa menutup celah besar itu.